KORPS NUSANTARA

KORPS NUSANTARA

8Tragedi Paling Kelam Dalam Sejarah Indonesia,Dari Pesawat Garuda,Kereta KAI,Hingga PKI

Diterbitkan Minggu, 26, Mei, 2024 by Korps Nusantara

8 Tragedi Paling Kelam Dalam Sejarah Indonesia,  Dari Pesawat Garuda, Kereta KAI, Hingga PKI

JAKARTA – Indonesia, dengan sejarahnya yang panjang, telah melalui berbagai peristiwa yang menggetarkan. Sejarah adalah cerminan perjuangan, pencapaian, dan kegagalan manusia dari masa lalu.

Melalui pemahaman yang mendalam tentang sejarah, kita dapat belajar dari keberhasilan dan kesalahan yang telah terjadi, serta memahami lebih baik identitas dan budaya kita sendiri.

Sejarah bukan sekadar rangkaian tanggal dan peristiwa, tetapi juga kisah tentang manusia, tentang perjuangan dan kemajuan yang terus berlanjut.
Dilansir dari Channel YouTube Angka dan Data, tak semua peristiwa itu meninggalkan kenangan yang menyenangkan. Beberapa justru menjadi bagian dari sejarah kelam yang tak terlupakan.

Berikut adalah delapan dari tragedi paling memilukan dalam sejarah Indonesia:

1. Letusan Gunung Krakatau (1883)

Letusan gunung Krakatau pada Agustus 1883 adalah salah satu letusan terdahsyat dalam sejarah dunia. Level 6 pada skala Volcanic Explosivity Index menandakan kekuatan dahsyatnya.

Selain menimbulkan gelap total selama dua hari akibat abu vulkanik, letusan ini juga memicu tsunami setinggi 36 meter. Lebih dari 36.000 jiwa melayang akibat bencana tersebut.

2. Pendudukan Jepang (1942-1945)

Selama Perang Dunia II, Jepang menjadi salah satu negara yang berusaha menguasai Indonesia. Pendudukan Jepang selama tiga tahun tersebut menjadi momen kelam bagi Indonesia.

Banyak rakyat yang menderita, dengan jutaan jiwa kehilangan nyawa mereka dalam perjuangan merebut kemerdekaan.

3. Agresi Militer Belanda (1945-1949)

Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, Belanda tidak mau kalah. Mereka kembali dengan Agresi Militer, mengakibatkan banyaknya korban jiwa. Lebih dari 100.000 orang Indonesia meninggal dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

4. Tragedi G30S PKI (1965)

Peristiwa G30S PKI pada tanggal 30 September 1965 adalah salah satu tragedi yang masih menyisakan trauma. Tujuh jenderal TNI gugur dalam peristiwa itu, dan ratusan ribu nyawa melayang.

Partai Komunis Indonesia berusaha menggulingkan pemerintahan, meninggalkan duka mendalam bagi bangsa.

BACA JUGA:

AKU TAKUT : Sang Proklamator  Mengaku Banyak Berbuat Kesalahan, Saat Wawancara Soekarno Paska G30SPKI

94 Tewas dan 26 Hilang,Tragedi Tenggelam Kapal Feri, Karena Kapal Nelayan Yang Dirubah Jadi Kapal Feri

Menhub Budi Karya Sebut Tol Laut Miliki 191 Trayek Dalam 10 Tahun Terakhir

 

5. Tragedi Kereta Api Bintaro (1987)

Tragedi Bintaro pada tahun 1987 menjadi musibah terburuk dalam sejarah perkeretaapian Indonesia. Dua kereta api bertabrakan, menelan korban jiwa sebanyak 139 orang. Kelalaian petugas stasiun menjadi penyebab tragedi memilukan ini.

6. Tragedi Pesawat Garuda Indonesia GA-152 (1997)

Pesawat Garuda Indonesia GA-152 jatuh di dekat Medan, Sumatera Utara, menewaskan seluruh penumpang dan awak pesawat. Dengan 234 nyawa melayang, tragedi ini menjadi salah satu bencana penerbangan terparah dalam sejarah Indonesia.

7. Kerusuhan Mei 1998

Kerusuhan Mei 1998 menjadi peristiwa tragis yang menelan banyak korban jiwa. Pelanggaran HAM secara masif terjadi, mengakibatkan hilangnya ribuan nyawa dan kerugian ekonomi yang besar. Krisis moneter melanda Indonesia, menciptakan kekacauan di segala bidang.8. Kerusuhan Sambas 1999

Setahun setelah kerusuhan Mei 1998, Indonesia kembali dilanda kerusuhan besar-besaran di sejumlah daerah. Dengan ribuan jiwa yang melayang dan ratusan ribu mengungsi, tragedi ini berakhir dengan kesepakatan damai setelah beberapa tahun.

Tragedi-tragedi ini menjadi bagian dari sejarah kelam Indonesia, tetapi juga sebagai pelajaran berharga. Semoga bangsa Indonesia terus maju dan mampu mengatasi segala tantangan di masa depan.

Sejarah kelam Indonesia mengajarkan kita untuk selalu menghargai perdamaian dan persatuan. Dari setiap tragedi, kita bisa belajar dan tumbuh menjadi bangsa yang lebih kuat dan berdaya ( hops  )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *