KORPS NUSANTARA

KORPS NUSANTARA

Jipul Tutup Pendidikan Politik Bamus Betawi 1982: Bawa Pesan Politik Secukupnya, Bersaudara Selamanya

Diterbitkan Senin, 6, November, 2023 by Korps Nusantara

Syaiful Rahmat Dasuki (Ketua DPW PPP DKI Jakarta/Wamenag) bersama para tokoh Betawi usai menutup kegiatan Pendidikan Politik Bamus Betawi 1982 di Kemayoran Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023).

JAKARTA – Memasuki pesta demokrasi 5 tahunan, Bamus Suku Betawi 1982 sukses menggelar kegiatan Pendidikan Politik yang berlangsung selama dua hari yakni pada 4-5 November 2023 di Hotel Swiss Belinn Kemayoran, Jakarta.

Kegiatan pendidikan politik tersebut juga dihadiri langsung tokoh muda Betawi yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, H. Syaiful Rahmat Dasuki yang berkesempatan untuk menutup secara resmi kegiatan Pendidikan Politik Bamus Suku Betawi 1982 di Hotel Swiss Belinn Kemayoran, Jakarta Pusat. Minggu (05/11/2023).

Tokoh muda Betawi H. Syaiful Rahmat Dasuki dalam sambutannya saat menutup acara tersebut menggugah semangat warga Betawi untuk terlibat aktif sebagai calon anggota legislatif (caleg) bahkan sebagai calon gubernur (cagub) dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Kita orang – orang Betawi di Jakarta ini sudah saatnya merapatkan barisan menatap masa depan yang tinggal beberapa waktu lagi ke depan ini akan melaksanakan Pemilu legislatif. Untuk pemilu legislatif ini, mari kita memberikan kesempatan atau mendorong Putra – Putri Betawi masuk ke DPRD karena segala sesuatu itu biasanya dituang melalui kebijakan, dan kebijakan itu yang membuatnya legislatif.” Ajaknya, Minggu (5/11/2023).

H. Syaiful Rahmat Dasuki yang akrab disapa Bang Jipul ini juga menyinggung dorongan keras kepada kaum Betawi untuk turut serta aktif dalam perhelatan Pemilu dan Pilkada 2024.

“Jadilah garda terdepan, tunjukkan bahwa kaum Betawi memiliki kapasitas untuk memimpin dan memajukan Jakarta,” ujarnya.

Jipul juga menekankan pentingnya persatuan di tengah perbedaan pilihan politik. Dia memotivasi kaum Betawi untuk bersatu dalam tekad kuat, menjadikan kader terbaiknya sebagai pemimpin yang mampu membawa kemajuan bagi tanah kelahiran.

BACA JUGA:

Jelang Pemilu 2024, Bamus Suku Betawi 1982 Gelar Pendidikan Politik

Selain itu tokoh muda Betawi yang juga menjabat sebagai ketua DPW PPP DKI Jakarta ini menyinggung Pemilu tahun 2019, dimana masyarakat Indonesia satu bangsa, satu bahasa, saling mengejek dengan kata “cebong” dan “kampret”.

“Perbedaan politik itu jangan sampai memecah belah persatuan dan kesatuan. Masih kita ingat pemilu 2019 kemarin, dimana perbedaan politik membelah masyarakat sampai dalam, bahkan menistakan nilai -nilai kemanusiaan diantara kita, masih kita ingat saudaranya ada yang bilang Cebong, diseblah panggil Kampret bahkan di panggil kadrun.” Tutur Jipul.

Terakhir Bang Jipul menutup secara resmi Pendidikan Politik Bamus Suku Betawi 1982 pada Minggu (05/11/2023) di Hotel Swiss Belinn Kemayoran, Jakarta Pusat dengan Pantun yang membawa pesan persatuan dan persaudaraan.

Pergi berlayar ke Tanjung Cina,
Beli sawi ama dukuh,
Makin bersinar Bamus Suku Betawi delapan dua,
Orang Betawi kudu bersatu.

Ke Jatinegara membeli itik,
Itiknya dimasak pake kelapa,
2024 masuk tahun politik,
Politik secukupnya bersaudara selamanya.

Sementara itu, Ketua Bamus Suku Betawi 1982 H. Zainuddin MH mendorong kaum Betawi siap menghadapi pesta demokrasi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 mendatang.

“Hari ini Bamus Betawi 1982 melaksanakan kegiatan yang sangat spesial yaitu Kegiatan Pendidikan Politik. Pendidikan Politik hari ini khusus kita laksanakan dalam rangka menghadapi Pilpres dan Pileg pada tanggal 14 Februari 2024 dan nantinya pada Bulan September kita juga akan siap mensukseskan pelaksanaan pilkada di Jakarta.” Ujar H. Zainuddin.

Ketua Bamus Suku Betawi 1982 yang akrab disapa H. Oding ini menyampaikan terkait kondisi sosial dan kondisi politik termasuk juga strategi yang akan di pihaknya sebagai kaum betawi.

“Ingat Orang betawi ini punya suara 28 persen di jakarta, ini suara yang cukup menentukan dan signifikan, oleh karena itu dalam rangka mensukseskan pilpres pada tahun 2024 yang akan datang,” Urainya.

Disinggung terkait calon Presiden (Capres) Calon Wakil Presiden (Cawapres) dan calon anggota legislatif yang akan di dukung Bamus Suku Betawi, H. Oding mengatakan akan mengumumkan pada saatnya nanti.

“Sudah ada di kantong kita beberapa pasangan calon yang akan kita usung, pada waktu yang tepat nanti akan kita sampaikan ke tengah – tengah publik khusus nya ke tengah – tengah masyarakat kaum betawi.” Ujar H. Oding.

Terkait Pileg, Ketua Bamus Suku Betawi ini meminta seluruh masyarakat betawi untuk memberikan suara kepada orang yang akan yang di nilai memiliki visi misi membangun Jakarta ke depan yang lebih baik.

Lebih lanjut, ketika ditanya terkait bakal calon gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (DKI) Jakarta yang akan di usung pada Pilkada 2024 mendatang, H. Oding menegaskan potensi suara yang dimiliki suku Betawi di Jakarta.

“Partai – partai politik yang ada di Jakarta ini harus memahami betul psikologi kaum betawi termasuk juga soal dikalkulasi suara di Jakarta.  Kita memiliki 28 persen hampir 3 juta suara di Jakarta dari orang betawi. Oleh karena itu saya minta kepada partai partai – politik mulai hari ini mempertimbangkan dengan cermat siapa yang harus mereka rekrut untuk memunculkan tokoh betawi untuk menjadi Gubernur atau wakil gubernur dalam pilkada 2024 yang akan datang” tegasnya.

Ketua Bamus Suku Betawi 1982 ini juga menegaskan pihaknya akan golput apabila calon yang diusung nanti tidak di akomodir Partai Politik Pada Pilkada Serentak mendatang.

“Ada beberapa calon yang akan kita godok, yang nanti pada akhirnya satu atau dua nama ini akan kita sampaikan kepada partai partai politik kalau mereka terima alhamdulillah kalau mereka nggak terima kita akan Golput.”Tegas H. Oding.***(waké)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *