KORPS NUSANTARA

KORPS NUSANTARA

Tujuan Ini Soekarno Temui KH Hasyim Asy’ ari Di Jombang Jawa Timur, Meminta saran Dalam Hal Ini

Diterbitkan Minggu, 22, Oktober, 2023 by Korps Nusantara

Potret Soekarno dan pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy’ari (Kolase Instagram @soekrno_hatta_1945, @santridesign)

JAKARTA – Presiden Soekarno ternyata pernah mendatangi KH Hasyim Asy’ari ke pondok pesantren Tebu Ireng, Jombang Jawa Timur.

Kedatangan Soekarno kepada KH Hasyim Asy’ari pada saat menjelang kemerdekaan Republik Indonesia.

KH Hasyim Asy’ari sendiri merupakan tokoh ulama kharismatik Indonesia yang mendirikan pondok pesantren Tebu Ireng.

 

Selain itu, KH Hasyim Asy’ari juga sosok penting yang mendirikan organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdatul Ulama.

Nahdatul Ulama didirikan oleh KH Hasyim Asy’ari pada 31 Januari 1926 silam, dan salah satu tujuannya agar Indonesia bisa merdeka dari penjajahan.

Bahkan tak hanya itu, perjuangan KH Hasyim Asy’ari dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia begitu besar.

 

Sehingga tidak heran jika Presiden Soekarno datang menemuinya sebelum Indonesia merdeka.

Seperti melansir dari akun TikTok @hidayatrest_51, Minggu, 22 Oktober 2023, dalam sebuah video dijelaskan jika Soekarno sempat bimbang untuk mengambil keputusan terkait kemerdekaan Republik Indonesia.

Hingga pada akhirnya ia datang menemui KH Hasyim Asy’ari yang pada saat itu sedang berada di rumahnya, di Jombang Jawa Timur.

 

“Dalam mengambil suatu keputusan, Presiden Soekarno memiliki ritual sendiri, pada saat itu Presiden Soekarno meminta nasehat para ulama tentang kemerdekaan Indonesia,” kata pengisi suara akun TikTok @hidayatrest_51, dikutip , Minggu, 22 Oktober 2023.

“Tak diragukan lagi, beberapa hari sebelum kemerdekaan republik Indonesia, Bung Karno menghadap pendiri NU yaitu KH Hasyim Asy’ari,” sambungnya. Kemudian setelah itu, Bung Karno meminta nasehat kepada KH Hasyim Asy’ari terkait Kemerdekaan Indonesia.

 

Dalam hal ini, Soekarno meminta agar KH Hasyim Asy’ari menyarankan waktunya yang tepat untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

“Bung Karno meminta nasehat dan restu pada KH Hasyim Asy’ari terkait waktu dan tanggal kemerdekaan Indonesia,” ucap pengisi suara akun TikTok tersebut.

Dan pada saat itu, lantas KH Hasyim Asy’ari meminta kepada Soekarno untuk melaksanakan kemerdekaan Indonesia pada hari Jumat 9 Ramdhan.

 

Dan ternyata tanggal 9 Ramdhan pada saat itu bertepatan dengan tanggal 17 Agustus 1945.

Dengan demikian, salah satu orang yang memberikan saran terkait waktu dan tanggal kemerdekaan Indonesia adalah KH Hasyim Asy’ari.* ( hops/korpsnusantara )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *