KORPS NUSANTARA

KORPS NUSANTARA

Benda Pemberian Soekarno Kepada Putra Sulung Guntur Soekarno Putra Sampai Sekarang Masih Di Simpan, Apa Itu ?

Diterbitkan Rabu, 11, Oktober, 2023 by Korps Nusantara

benda pemberian Soekarno yang sampai saat ini disimpan oleh Guntur Soekarnoputra (kolase foto dari Instagram @arsip_negara)

JAKARTA  – Guntur Soekarnoputra merupakan anak sulung Presiden Soekarno dari pernikahannya bersama Fatmawati. Ia kemudian menambahkan bahwa ketika angka atau nilai raport nya bagus, maka apapun yang diminta akan diberi oleh sang ayah.

“Jadi, contohnya nih karena kita mau naik-naikan kelas, kalau angka kita bagus, kita boleh minta sesuatu, pasti kejadian,” ucap Guntur. Sebaliknya, jika nilai yang keluar tidak bagus atau menurun dari sebelumnya, maka jangan berharap akan mendapatkan hadiah apapun dari Soekarno.

“Tapi kalau kita naik kelas angkanya jeblok, jangan harap,” ujarnya.

Guntur Soekarnoputra kemudian menceritakan masa lalunya di mana pada saat dirinya mendapatkan nilai bagus dan meminta sebuah benda yang diinginkan, sang ayah dengan senang hati mengabulkan permintaannya. “Waktu saya lulus dari Sekolah Rakyat (SR) ke SMP sekitar tahun 1956 gitu, angka saya bagus, saya minta dikasih kamera,” cerita Guntur.

Bahkan, hadiah tersebut hingga sampai saat ini masih disimpan dengan rapi sebagai kenang-kenangan.

Ada banyak cerita menarik yang diungkapkan oleh Guntur Soekarnoputra mengenai ajaran Soekarno, terutama cara mendidik yang sangat bijaksana. Seperti yang diceritakan oleh Guntur Soekarnoputra dalam sebuah video yang ditayangkan ulang oleh akun TikTok @bumegabercerita bahwa Soekarno merupakan seorang ayah yang tidak pernah memberi tanpa ada usaha. “Bung Karno itu tidak akan pernah memberi hadiah apapun kalau kita nggak berprestasi,” ungkap Guntur  pada Rabu, 11 Oktober 2023.

Sama Bapak akhirnya dikasih kamera, sampai sekarang masih ada kameranya,” ucapnya.

Sejak diberi hadiah kamera oleh ayahnya, Guntur mengaku bahwa akhirnya ia menyukai fotografi bahkan menjadi hobinya sampai sekarang.

Ia juga mengungkapkan bahwa ternyata hobi tersebut sama dengan Soekarno. Ya, rupanya Soekarno memiliki hobi fotografi yang tidak diketahui oleh banyak orang. “Sejak itu memang saya dari dulu hobi fotografi karena orang nggak begitu tahu bahwa Bung Karno sendiri hobinya juga fotografi,” pungkas Guntur Soekarnoputra.

Dari cerita tersebut kita menyadari bahwa meski Soekarno merupakan orang nomor satu di Indonesia pada waktu itu, namun ia mampu mendidik anak-anaknya dengan sangat baik. * ( hops/korpsnusantara )

One thought on “Benda Pemberian Soekarno Kepada Putra Sulung Guntur Soekarno Putra Sampai Sekarang Masih Di Simpan, Apa Itu ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *