KORPS NUSANTARA

KORPS NUSANTARA

Siswa Siswi SMP Negeri 4 Tigo ikuti ANBK di Semak-Semak

Diterbitkan Senin, 18, September, 2023 by Korps Nusantara

Kepala SMP Negeri 4 Tigo, Asral bersama Siswa Siswi SMP Negeri 4 Tigo ikuti ANBK di Semak-Semak

Solok – Akibat lokasi sekolah berada di wilayah blank spot, 17 orang siswa SMP di Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat terpaksa mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Kompetensi (ANBK) 2023 di semak-semak.

Kepala SMP Negeri 4 Tigo, Asral kepada awak media mengatakan 17 orang siswa kelas IX di sekolah yang dipimpinnya mengikuti ANBK pada hari Seni dan Selasa, 18-19 September 2023. Dikatakan Asral, pelaksanaan ANBK yang diikuti siswanya terpaksa dilaksanakan di lokasi yang tidak biasa, tidak dikelas, tetapi di atas sebuah bukit yang sebelumnya dipenuhi semak belukar., tepatnya di Jorong Sungai Abang Nagari Kapujan Rangkiang Luluih Kecamatan Tigo Lurah.

Menurut Asral lagi, memang di wilayah Nagari Kapujan Rangkiang Luluh tidak ada jaringan internet, kecuali jika ada Wifi, itupun jika listrik hidup.
“ Kalau di sekolahnya bisa wifi, cuma listrik saat ini sering mati. Jika listrik mati maka Wifi tidak berfungsi. Sedangkan ANBK tahun ini adalah full online. Kalau Full Online tidak boleh Chrombook mati, sinyal tidak boleh terputus. Maka kuatir listrik nanti mati, sinyal terputus, maka terpaksa pelaksanaan ANBK dilaksanakan di atas bukit walau dipenuhi semak-semak.” ujar Asral.

Lebih lanjut dikatakan Asral, di sebuah bukit yang di sana terdapat titik sinyal yang bagus, warga sekolah dan juga komite merambah dan membersihkan semak belukar untuk dijadikan tempat pelaksanaan asesmen.
“ Warga sekolah, penjaga, komite, dan juga ada masyarakat bersama mebersihkat semak yang akan dijadikan tempat ujian. Kemudian dibuat sejenis meja, untuk meletakkan crhrombook bagi siswa, sedang siswa duduk di tanah dengan ber alas tikar..” papar Asral lagi.

Kepala Bidang Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga kabupaten Solok melalui Kepala Seksi Kurikulumnya, Zulfikar ketika dihubungi media membenarkan keadaan tersebut.
Menurut Zulfikar, di Nagari kapujan Rangkiang Luluih Kecamatan Tigo Lurah memang tidak ada jaringan internet, sedangkan ANBK harus dilaksanakan.

“ Benar itu, ANBK di SMP Negeri Tigo Lurah dilaksanakan di atas bukit, karena di sana tidak ada jaringan internet. Jaringan internet hanya bisa ditemukan pada titik-titik tertentu, seperti di tempat ANBK itu dilaksanakan.” kata Zulfikar. (Nazwir Koto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *