KORPS NUSANTARA

KORPS NUSANTARA

Kids Fashion Show “Pesona Kreasi Batik Minang Kabupaten Solok” Kriya Nusa 2023

Diterbitkan Minggu, 17, September, 2023 by Korps Nusantara

Kids Fashion Show “Pesona Kreasi Batik Minang Kabupaten Solok” Kriya Nusa 2023

Jakarta – Dekranasda Kabupaten Solok laksanakan acara Kids Fashion Show Pesona Batik Minang Kabupaten Solok yang dilaksanakan di Gedung Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Sabtu, 16 September 2023.

Acara Kids Fashion Show yang menampilkan hasil tenun batik Minang Kabupaten Solok tersebut diperagakan oleh Cucu dari Wakil Presiden, Panglima TNI, dan para Pejabat Tinggi Negara lainnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua harian Dewan Kerajinan nasional beserta para ketua Bidang Dekranas, Mufidah Yusuf Kalla, Istri mantan Wakil Presiden, Anggota Komisi V DPR RI, Athari Gauthi Ardi, Bupati Solok : Capt. H. Epyardi Asda Dt. Sutan Majo Lelo, M.Mar, Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat, dr. Fitria Amalia Umar, Ketua Dekranasda Kabupaten Solok, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota Se-sumatera Barat, Ketua Umum Indo Jalito Peduli, Asri Asgani, dan Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Solok, Ahpi Gusta.

Ketua Dekranasda kabupaten Solok, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda dalam sambutannya mengatakan selama 2 tahun dirinya memimpin dekranasda Kabupaten Solok telah melakukan berbagai pembinaan kepada pengrajin Kabupaten Solo. Pada saat ini menurut Emiko sudah menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Ditambahkan Emiko Epyardi Asda, produk-produk kerajinan dan tenunan produksi Kabupaten Solok sudah mulai di kenal pada tingkat nasional.

“ Produk–produk Kabupaten Solok sudah mulai dikenal di tingkat Nasional, dan didukung juga dengan adanya kunjungan kerja Ketua Umum Dekranas, Ibu Wuri Makruf Amin ke Kabupaten Solok pada tanggal 20 juli 2023 yang lalu.” Kata Emiko.

Emiko Berharap dengan adanya acara Kids Fashion Show pada acara Kriya Nusantara 2023, yang menampilkan Batik Produksi Asl kabupaten Solok, dan diperagakan oleh sejumlah cucu tokoh nasional, Batik Kabupaten Solok semakin terkenal dan diminati baik di Tingkat Nasional maupun Internasional.

“ Pada hari yang spesial ini, pada acara Kriya Nusa 2023, kami dari Dekranasda Kabupaten Solok mengangkat acara Fashion Show Pesona Batik Minang Kabupaten Solok yang diperagakan oleh cucu- cucu dan eyang tercinta. Semoga wastra batik minang dan tenun Kabupaten Solok menjadi menjadi wastra pilihan dan berada di hati kita bersama.” sebut Emiko Epyardi Asda.

Selain itu, Emiko Epyardi Asda juga berharap dengan adanya acara tersebut Batik Minang kabupaten Solok akan menjadi wastra ( kain tradisional Indonesia) pilihan dan diharapkannya juga bisa go internasional pada masa yang akan datang.

Bupati Solok, Epyardi Asda yang juga hadir pada kesempatan tersebut Kepada awak media mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“ Saya sangat mengapresiasi Batik – Batik yang di produksi oleh Kabupaten Solok ini. “ kata Epyardi Asda.

Dia menyebut kegiatan tersebut merupakan wujud nyata Dekranas dalam mendorong berkembangnya produk kriya lokal.

“ Kegiatan ini merupakan wujud nyata Dekranas dalam upaya pengembangan kapasitas pelaku usaha kriya untuk mendorong penciptaan dan pengembangan produk kriya lokal, sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia. “ sebutnya.

Selain itu Bupati Epyardi Asda juga berharap kegiatan yang dilaksanakan oleh Dekranasda kabupaten Solok tersebut dapat mengangkat nama batik Minang Kabupaten Solok bai di Tingkat Nasional maupun Internasional serta dapat memberikan motivasi untuk lebih berinovasi lagi pada masa yang akan datang.

“ Harapan saya melalui Kegiatan ini dapat mengangkat nama Batik Minang Kabupaten Solok sehingga dapat lebih dikenal di tingkat Nasional maupun Internasional. Dan mudah – mudahan dengan adanya event ini dapat memberikan motivasi dan inovasi, serta meningkatkan daya saing produk-produk perajin Dekranasda khusunya untum Dekranasda Kabupaten Solok.” Pungkas Epyardi Asda. (Nazwir Koto )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *