KORPS NUSANTARA

KORPS NUSANTARA

Lima Dusun di Desa Jenilu Terima Bibit Anak Kelapa dari Pemkab Belu

Diterbitkan Jumat, 12, Mei, 2023 by Korps Nusantara

Penanaman Kelapa Kopyor

LINTAS PEWARTA – Sebanyak lima Dusun di Desa Jenilu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, mengembangkan program kepala kopyor.

Dalam program pengembangan Kelapa kopyor di lima dusun tersebut merupakan program pemerintah desa Jenilu, kecamatan kakuluk mesak.

Program pengembangan Tanaman kepala Kopyor yang dilakukan pemerintah Desa di empat dusun tersebut mendapatkan didukungan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu.

Diketahui bahwa, Empat dusun dalam pengembang tanaman Kepala kopyor yakni, Dusun Fatukaduak, Fatuluka, Fatuala, Abat dan Dusun Railuli.

Dalam kesempatan itu, turut hadir juga Bupati Belu dr. Taolin Agustinus yang didampingi Sekda Belu, Johanes Andes Prihatib, SE, M.Si dan Direktur Bank NTT Cabang Atambua, Adrianus M. Pontus, S.Hut.

Pada kesempata itu, Pemkab Belu menyerahkan 400 anakan bibit kelapa kopyor kepada perwakilan dari lima dusun yang ditargetkan dalam pengembangan Kelapa kopyor.

Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus mengapresiasi inisiatif Kepala Desa, dan Camat serta masyarakat Desa Jenilu untuk mengembangkan tanaman Kelapa Kopyar di daerah pesisir pantai.

“Setelah kelapa ini di tanam jangan lupa untuk dipupuki, sehingga tanaman ini bertumbuh subur dan menghasilkan buah yang lebat,” ujarnya.

Dikatakan Bupati Belu, Penyerahan ini untuk dipelihara sehingga bisa meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat di pesisir pantai. Selain itu, budidaya tanaman kelapa kopyor ini sebagai upaya untuk mendukung program ketahanan pangan diwilayah Desa Jenilu.

“Pemupukan bertujuan untuk menyediakan nutrisi yang menunjang pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Penyiraman juga diperlukan agar tanaman tetap tumbuh dengan baik,”tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Jenilu, Daniel Robert Novak mengatakan, ketertarikan untuk melakukan budidaya bibit anakan kelapa kopyor ini bertujuan untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat pesisir.

“Kami ingin menjadikan Desa Jenilu sebagai Icon kelapa hibrida jenis kopyor,” tegasnya.

Dikatakannya, tanaman buah yang banyak digemari orang ini, sangat cocok dikembangkan disini.

“Ketika sudah berbuah akan kita sediakan bagi para pengunjung yang datang berwisata,” ujarnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *