KORPS NUSANTARA

KORPS NUSANTARA

Viral Video Penumpang Pesawat Mandi Keringat, Dirut Super Air Jet Bilang Begini

Diterbitkan Kamis, 23, Maret, 2023 by Korps Nusantara

Penumpang Mandi Keringat dalam Pesawat (tangkapan layar)

JAKARTA – Viral sebuah video insiden dalam pesawat Super Air Jet yang ramai disebar di jejaring media sosial seperti Instagram hingga TikTok. Dalam video terlihat mandi keringat, termasuk anak-anak yang pakaiannya tampak kuyup oleh keringat. Beberapa anak terdengar menangis.

Menanggapi video yang sontak viral di jejaring media sosial tersebut, Maskapai Super Air Jet pun meminta maaf setelah video viral di media sosial tentang penumpang yang kepanasan di dalam pesawat.

Direktur Utama Super Air Jet, Ari Azhari dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Rabu (22/3/2023) mengatakan pihaknya menyampaikan permohonan maaf atas apa yang dialami para tamu.

Ia menjelaskan bahwa insiden itu terjadi pada 21 Maret 2023 kemarin pada pesawat dengan nomor penerbangan IU-737 yang lepas landas pukul 17.44 WITA dari Denpasar dan tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 18.40 WIB.

Meski demikian Ari mengeklaim bahwa pesawat dalam kondisi prima dan siap terbang sebelum lepas landas. Ia juga mengatakan bahwa Super Air Jet tak bisa menerangkan penyebab insiden yang viral di berbagai media sosial tersebut.

“Pernyataan Super Air Jet ialah tidak dapat memberikan keterangan mengenai penyebab adalah langkah yang umum dilakukan dalam industri penerbangan ketika terjadi insiden atau masalah teknis pada pesawat,” beber Ari.

Pesawat Super Air Jet yang mengalami masalah tersebut membawa 179 penumpang dan 6 kru kabin. Insiden terjadi saat pesawat mencapai ketinggian 30.000 kaki di atas permukaan laut. Ketika itu muncul indikasi sistem pengatur tekanan udara di kabin tidak berfungsi seharusnya.

Penumpang Mandi Keringat dalam Pesawat (tangkapan layar)

BACA JUGA:

Pesawat Bertabrakan, Enam Orang Tewas di Texas Air Show

Pilot lalu memutuskan menurunkan ketinggian pesawat dan gangguan ini menyebabkan suhu udara di kabin menjadi lebih tinggi dari semestinya.

Ia melanjutkan, langkah pertama yang dilakukan adalah memeriksa pesawat secara menyeluruh. Hal ini dilakukan untuk menemukan penyebab insiden atau masalah teknis tersebut.

Setelah itu, dijalankan pemeriksaan lebih lanjut dan analisis mendalam untuk memastikan bahwa pesawat aman untuk digunakan kembali.

Pesawat yang mengudara adalah Airbus 320-200 berkode registrasi pesawat PK-SAW dan Air lagi-lagi mengeklaim seluruh aspek prosedur penerbangan dijalankan dengan tepat.

“Standar keselamatan sebelum penerbangan diimplementasikan melalui pengecekan pesawat sebelum keberangkatan yang bagian penting dari prosedur penerbangan untuk memastikan bahwa pesawat dalam kondisi terbaik dan aman untuk terbang,” terang dia.*(Metro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *