KORPS NUSANTARA

KORPS NUSANTARA

Digelar Online dan Offline Kemhan, Sekda Pasbar Ikuti Sosialisasi Rencana Komcad Tahun 2023

Diterbitkan Jumat, 20, Januari, 2023 by Korps Nusantara

Digelar Online dan Offline Kemhan, Sekda Pasbar Ikuti Sosialisasi Rencana Komcad Tahun 2023

PASBAR – Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Hendra Putra mengikuti sosialisasi Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI dalam rangka Giat Rekruitmen dan Rencana Komponen Cadangan (Komcad) tahun 2023 di Auditorium Kantor Bupati Pasbar, Jumat (20/1) secara online melalui zoom meeting.

Sekda Hendra Putra bersama perwakilan Kodim 0305 Pasaman dalam Sosialisasi Rencana Pembentukan Komcad tahun 2023 itu didampingi Kasatpol PP dan Damkar Pasbar, Kepala BPBD, Kadishub, Perwakilan Yappas dan Yaptip Simpang Empat, Pemuda Pancasila, Ketua KNPI Pasbar serta stakeholder terkait lainnya.

Dalam menjaga kedaulatan negara serta keutuhan wilayah NKRI dibutuhkan Sistem Pertahanan negara yang bersifat semesta, total, terpadu, terarah dan berkelanjutan yang melibatkan seluruh komponen bangsa. Oleh karena itu dibutuhkan Komponen Cadangan (Komcad) yang terdiri dari masyarakat umum, pekerja, Pegawai Negeri Sipil, Karyawan Swasta dan Mahasiswa yang mendaftarkan diri secara sukarela.

Komcad dibentuk dan dibutuhkan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama setelah melalui masa pendaftaran, seleksi, selanjutnya akan dilaksanakan pelatihan dasar kemiliteran selama 3 bulan.

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan bahwa Kemhan akan membentuk 5 Batalyon Komcad tahun 2023 yang terdiri dari Matra Darat 3 Batalyon, masing-masing 500 orang di Rindam I/BB, Rindam IX/UDY, dan Rindam XIII/MDK. Kemudian 500 orang Matra Laut (1 Batalyon) Wingdik 800/Pasgat, serta 450 orang Matra Udara (1 Batalyon) Kodikmar, dan 50 orang Puslatdiklatsarmil.

Selain itu, dalam sosialisasi juga dijelaskan mekanisme tentang perekrutan Komcad, mulai dari proses rekrutmen, pembentukan, pembinaan dan penggunaan Komcad TNI, serta Timeline pembentukan Komcad TA. 2023 dan harapan Komcad 2023.

Dan juga dijelaskan bahwa rencana pelaksanaan sosialisaai UU No. 23 itu dimulai dari tanggal 9 hingga 28 Januari 2023. Sistem Penilian dilakukan melalui Rik/Uji (Administratif, Kesehatan, Kemampuan, Sikap).

Terdapat empat poin yang ditekakkan dalam pelaksanaan seleksi Komcad 2023:

1. Pembentukan Komcad tidak dipungut biaya;
2. Giat setiap Pentahapan pembentukan Komcad tahun 2023 (Pendaftaran, Seleksi LATSARMIL, Penetapan) masing-masing Matra agar melaporkan kepada Dirjen POTHAN;
3. Pedomani dan pahami regulasi tentang pembentukan Komponen Cadangan (UU Nomor 3, UU Nomor 34, UU Nomor 23, PP Nomor 3 dan Permenhan No 3 Tentang Pembentukan Penetapan dan Pembinaan Komcad);
4. Prioritas peserta Komcad 2023 adalah WNI yang telah bekerja, mahasiswa dan mendapatkan izin resmi dari Satuan/ Instansi/ Universitas.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *