KORPS NUSANTARA

KORPS NUSANTARA

OPM Tembak Mati Karyawan Bank, BPD Papua Tutup dan Tarik Karyawan di Puncak

Diterbitkan Rabu, 14, Desember, 2022 by Korps Nusantara

Ilustrasi

PAPUA – Kelompok sipil bersenjata (KSB) di Papua pada Selasa (13/12/2022) menembak hingga meninggal karyawan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua di Sinak, Kabupaten Puncak.

Peristiwa penembakakn yang mengakibatkan hingga meninggal kariawan Bank itu juga di benarkan Danrem 173/PVB Brigjen TNI Sri Widodo

“Benar karyawan BPD Papua atas nama Darius Yumame sekitar pukul 09.30 WIT ditembak KSB hingga meninggal dunia di Sinak,” kata Danrem 173/PVB Brigjen TNI Sri Widodo dikutip Antara, Selasa (13/12).

Merespon aksi brutal KSP tersebut, Direktur Operasional Bank Pembangunan Daerah Papua Isak Wopari menyatakan, pihaknya menutup sementara operasional semua kantor BPD yang ada di Kabupaten Puncak baik itu di Ilaga, Beoga dan Sinak.

Penutupan kantor BPD Papua itu juga dibarengi dengan menarikan seluruh karyawan hingga adanya jaminan keamanan dari Pemerintah Daerah Puncak.

“Akibat penembakan terhadap karyawan BPD Papua di Sinak maka kami menarik seluruh karyawan dan menutup kantor hingga waktu yang tidak ditentukan,” kata Direktur Operasional BPD Papua Isak Wopari kepada Antara, di Jayapura, Rabu.

Ia menjelaskan, penutupan kantor di Kabupaten Puncak dilakukan mulai Rabu (14/12) guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sebetulnya kami berat hati menutup dan menarik karyawan, apalagi saat ini menyambut Natal dan Tahun Baru 2023 sehingga masyarakat membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan, namun nyawa mereka lebih berharga sehingga operasionalnya akan dilakukan dari Timika, ” kata Wopari.

Terkait penembakan karyawan, kata Wopari seluruh jajaran BPD Papua menyampaikan duka yang mendalam dan berharap tidak ada lagi karyawan yang menjadi korban.

Dari laporan yang diterima penembakan yang dialami karyawan BPD Papua Selasa (13/12) terjadi saat korban Darias Yumame hendak ke kantor yang berlokasi di sekitar kawasan pasar Sinak.

Jenazah korban saat ini masih disemayamkan di Timika dan di jadwalkan Kamis (15/12) diterbangkan ke Sorong, Papua Barat.

Rencananya jenazah akan dimakamkan di kampung halamannya di Maybrat, kata Isak Wopari.

BACA JUGA:

Anggota TNI Grebek Istri Bareng Junior Di Kamar Hotel, Viral

Tampil Memukau di Adegan Dagelan Ketoprak Sumpah Amukti Palapa, Ganjar Diberi Hadiah Dayung Dari Asmat

Diketahui sebelumnya, Jenazah Demian Yumame, karyawan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua, korban ditembak kelompok bersenjata di Sinak dievakuasi ke Timika.

Komandan Korem 173/PVB, Brigadir Jenderal TNI Sri Widodo  menjelaskan, jenazah korban dievakuasi menggunakan pesawat milik Smart Air dengan nomor registrasi PK-SNJ.

Setibanya di Timika, kata dia, jenazah langsung dibawa ke Sorong, Provinsi Papua Barat, untuk dimakamkan di kampung halamannya.

Penembakan terhadap Yumame di Sinak terjadi sekitar pukul 09.30 WIT saat korban berada di sekitar pasar.

“Korban dilaporkan diduga ditembak dari jarak dekat dan mengenai kepalanya, ” kata Widodo.

Widodo yang wilayahnya meliputi Kabupaten Biak, Supiori, Waropen dan Kepulauan Yapen di Provinsi Papua serta Kabupaten Nabire, Deiyai, Dogiyai, Paniai, Intan Jaya, Puncak dan Kabupaten Puncak Jaya yang masuk dalam Provinsi Papua Tengah, mengaku, saat ini aparat keamanan bersinergi mengejar pelaku yang diduga menembak menggunakan pistol.

“Penembakan diduga dilakukan dari jarak dekat dengan menggunakan pistol namun untuk memastikan masih menunggu laporan lebih lanjut, ” kata Widodo yang dihubungi dari Jayapura.(ANTARA).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *