KORPS NUSANTARA

KORPS NUSANTARA

Gubernur NTT Semprot Bupati TTS: Kau Panggil Kadis Tampar Saja Dia

Diterbitkan Kamis, 24, November, 2022 by Korps Nusantara

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat

KUPANG – Video yang memperlihatkan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) memarahi Bupati Timor Tengah Selatan (TTS) Egusem Pieter Tahun di telepon, viral di media sosial dan grup WhatsApp.

Orang nomor satu di provinsi kepulauan itu geram, karena lahan yang disiapkan Pemerintah Kabupaten TTS untuk program tanam jagung panen sapi (TJPS) hanya 200 hektar.

Dalam video berdurasi 2 menit 50 detik tersebut, terlihat Gubernur Viktor sedang menelepon Bupati Egusem.

Peristiwa itu terjadi saat dia bersama rombongan melakukan kegiatan penanaman jagung program TJPS di Desa Kiufatu, Kecamatan Kualin, Kabupaten TTS, Selasa (22/11/ 2022).

Mulanya, Gubernur Viktor menerima laporan dari Bupati Egusem bahwa Kabupaten TTS menyiapkan lahan TJPS seluas 2.000 hektar.

“Ini kepala dinas pertanian TTS berada di samping saya. Hanya 200 hektar saja, bagaimana Bupati bilang 2.000 hektar,” kata Viktor geram.

“Masa sih kamu (Bupati Egusem) lebih tahu teknisnya dari pada Kadis (Kepala Dinas)? Kau panggil Kadis tampar saja dia,” sambung Viktor.

Viktor menyebutkan, Kabupaten lainnya di NTT menyiapkan lahan mulai dari 5.000 hektar hingga 10.000 hektar.

Sedangkan Kabupaten TTS yang memiliki wilayah paling luas di antara Kabupaten lainnya di Pulau Timor, hanya menyiapkan 200 hektar lahan.

Viktor pun meminta bupati untuk mengalihkan anggaran daerah dan dana desa, agar fokus pada peningkatan produktivitas pertanian.

Pemerintah Provinsi, kata Gubernur, juga telah bekerja sama dengan lembaga keuangan untuk membantu modal usaha hingga sampai proses penjualan.

Hal ini dilakukan untuk mendukung instruksi Presiden RI Joko Widodo dalam mengantisipasi terjadinya krisis pangan.

“Untuk TTS jangan hanya 2.000 tapi bikin 5.000 hektar. Saya tunggu informasi satu minggu dari sekarang,” tegas Viktor.

BACA JUGA:

Gubernur NTT Viktor Laiskodat Ancam Pecahkan Mulut Para Atlit Viral di Medsos

 

Terkait video yang beredar tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan NTT, Lecky Frederich Koli, mengaku, Gubernur tidak memarahi Bupati TTS.

“Beliau (Viktor) dorong supaya pemerintah serius manfaatkan musim tanam ini,” ujar Lecky, yang duduk bersebelahan dengan Viktor dalam video tersebut.

Sehingga, kata dia, ketahanan pangan masyarakat dengan luas yang signifikan, agar bisa menjangkau banyak areal tanam.(Kompas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *